icon mobile
Home / Proyek / Proyek Terkini

Jalan Tol Pandaan - Malang

Tanggal : 09 June 2016


Ruas jalan tol Pandaan-Malang merupakan bagian dari rencana koridor jalan utara-selatan di Provinsi Jawa Timur sebagai kelanjutan dari ruas jalan tol Gempol-Pandaan yaitu sepanjang 37,62 km. Ruas jalan tol ini akan melalui tiga daerah penting di Jawa Timur yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Malang, sehingga diprediksi bahwa ruas jalan tol ini akan menjadi arteri utama dari banyak alternatif ruas jalan non-tol yang menghubungkan kawasan utara dengan kawasan selatan wilayah Jawa Timur. 

Informasi Proyek

 Lokasi :  Provinsi Jawa Timur
 Nilai Proyek :  Rp. 5,970 Miliar
 Masa Konsesi :  35 tahun 
 PJPK :  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
 Badan Usaha :  PT Jasa Marga Pandaan Malang

 

Konstruksi jalan tol ini akan dilakukan secara bertahap dengan asumsi pembangunan awal 4 (empat) lajur dengan 2 (dua) arah. Rencana pelebaran (penambahan kapasitas) menjadi 6 (enam) lajur dengan 2 (dua) arah diperkirakan akan dilakukan pada tahun ke 16, dengan pembangunan lajur tambahan dilakukan ke arah luar. Direncanakan terdapat 5 (lima) interchange untuk jalan tol sepanjang 37,62 km tersebut, yaitu: Madyopuro, Pakis I, Pakis II, Lawang dan Purwodadi.

Dengan adanya ruas jalan tol Pandaan-Malang diharapkan dapat memperlancar lalu lintas baik transportasi penumpang maupun industri dari wilayah Pandaan dan Malang yang terkoneksi langsung dengan Kota Surabaya dan sebaliknya. Selain itu, diharapkan dengan adanya ruas jalan tol Pandaan-Malang tingkat perekonomian masyarakat di wilayah tersebut dapat meningkat dan juga dapat meningkatkan volume pengunjung ke daerah tujuan wisata di Kota Malang.

Hingga saat ini, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) telah menjamin 4 (empat) ruas jalan tol, yakni Manado-Bitung, Balikpapan-Samarinda, Pandaan-Malang dan Batang-Semarang yang akan menjadi tanggung jawab Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (“PUPERA”) yang dilaksanakan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (“BPJT”).

Kembali