icon mobile
Home / Proyek / Proyek Terkini

Proyek Palapa Ring Paket Timur

Tanggal : 29 September 2016


Proyek Palapa Ring merupakan salah satu proyek pengembangan jaringan backbone dirancang dan dilaksananakan dengan menggunakan Sistem Komunikasi Kabel Laut dan Sistem Komunikasi Serat Optik ke 57 kota/kabupaten yang belum terlayani. Proyek Palapa Ring dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan dukungan penjaminan oleh PT PII. Proses pengadaan Badan Usaha dibagi menjadi tiga paket yaitu, Paket Barat, Paket Tengah dan Paket Timur dengan estimasi jangkauan wilayah sepanjang 8.479 km. Proyek ini ditargetkan mampu mendistribusikan jaringan broadband dengan kecepatan 10Mbps di daerah pedesaan dan 20MBps di daerah perkotaan.

Informasi Proyek

 

Lokasi                  :

 Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua,  (sampai dengan pedalaman Papua)

Nilai Proyek         :

Rp 5,088 Miliar

PJPK                    :

Kementerian Komunikasi dan Informatika

Badan Usaha        :             

PT Palapa Timur Telematika

Proyek Palapa Ring merupakan proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) pertama dalam sektor telekomunikasi dengan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau Availability Payment (AP). Skema availability payment diprakarsai oleh Kementerian Keuangan yang sumber dananya berasal dari Dana Kontribusi Universal Service Obligation (USO). 

Pada 29 September 2016 bertempat di Istana Negara, disaksikan oleh Presiden RI Bapak Jokowi, Menko Perekonomian Bapak Darmin Nasution, Kemenko Polhukam Bapak Wiranto, telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Penjaminan antara PT PII dengan PT Palapa Timur Telematika selaku Badan Usaha Pelaksana dan Perjanjian Regres antara PT PII dengan Kominfo selaku PJPK. Disaat yang bersamaan dilakukan juga Financial Close Proyek Palapa Ring Paket Tengah. Presiden RI Bapak Jokowi berharap proyek Palapa Ring akan rampung di tahun 2019. Proyek ini adalah proyek Infrastruktur Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 3 Tahun 2016, yang juga dikategorikan sebagai Proyek Prioritas Nasional.

Setelah penandatanganan tersebut, pada 29 Maret 2017 bertempat di Kementerian Komunikasi dan Informatika, telah dilaksanakan Financial Close Proyek Palapa Ring Paket Timur dan juga penyerahan Surat Efektif Penjaminan Oleh PT PII (Persero).

 

Kembali