icon mobile
Home / Proyek / Proyek Terkini

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Tanggal : 09 June 2016


Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terletak di wilayah administratif Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda. Kota Samarinda dan Balikpapan adalah dua kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dimana Kota Samarinda adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Timur sebagai pusat pemerintahan dan Kota Balikpapan adalah sebagai pusat perdagangan sebagai pintu masuk utama ke Kalimantan Timur. 

Informasi Proyek

 Lokasi :  Provinsi Kalimantan Timur
 Nilai Proyek :  Rp 9,973 Miliar
 Masa Konsesi :  40 tahun 
 PJPK :  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
 Badan Usaha :  PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda

 

Ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan salah satu koridor penting bagi lalu lintas pergerakan orang dan barang di Provinsi Kalimantan Timur, dan merupakan 1 (satu) dari 7 (tujuh) jalan tol yang masuk ke dalam rencana sistem transportasi Provinsi Kalimantan Timur.

Tol sepanjang 99,35 km ini terdiri dari 2 paket pembangunan, Paket 1 adalah pembangunan Seksi 1 (Balikpapan-Samboja) sepanjang 22,03 km dan Seksi 5 (Balikpapan-Sepinggan) sepanjang 11,09 km. Paket 2 adalah Seksi 2 (Semboja-Muarajawa) sepanjang 30,98 km, Seksi 3 (Muarajawa-Palaran) sepanjang 17,30 km serta Seksi 4 (Palaran-Jembatan Mahkota Samarinda) sepanjang 17,95 km.

Dengan adanya ruas tol Balikpapan-Samarinda dapat menjadi alternatif menyelesaikan permasalahan jalur lalu lintas yang padat dan meningkatkan efisiensi waktu perjalanan. Pembangunan ruas tol ini juga diharapkan meningkatkan pertumbuhan sosial dan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur dan meningkatkan layanan/akses mobilisasi bagi warga Kalimantan Timur.

Kembali