icon mobile
Home / Proyek / Proyek Terkini

Jalan Tol Manado-Bitung

Tanggal : 09 June 2016


Jalan Tol Manado Bitung (“Proyek”) terletak wilayah di wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung. Berdasarkan Peraturan Presiden No.32 tahun 2011 tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025, Pelabuhan Bitung akan dikembangkan menjadi pelabuhan yang melayani kegiatan ekspor impor dari dan ke wilayah provinsi Sulawesi Utara. Proyek ini juga telah dicantumkan sebagai proyek prioritas Kementerian Koordinator Perekonomian tahun 2015 dan ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri/Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional No. 82/M.PPN/05/2015 tentang penetapan daftar rencana proyek infrastruktur tahun 2015.

Informasi Proyek

 Lokasi :  Provinsi Sulawesi Utara
 Nilai Proyek :  Rp. 5,123 Miliar
 Masa Konsesi :  40 tahun 
 PJPK :  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
 Badan Usaha :  PT Jasa Marga Manado Bitung

 

Pada saat ini, jalan yang menghubungkan Kota Manado dengan Kota Bitung tergolong sudah sangat padat dan tidak memiliki alternatif langsung sehingga menyebabkan peningkatan waktu tempuh perjalanan dan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana penghubung untuk mendorong pergerakan penumpang dan barang dari Kota Manado sebagai pusat kegiatan perekonomian di Sulawesi Utara ke Kota Bitung.

Proyek Pembangunan Jalan Tol antara Manado-Bitung dengan nilai investasi mencapai Rp 8,745 triliun dilakukan dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas antar wilayah di Provinsi Sulawesi Utara. Jalan tol sepanjang 39 km ini terbagi ke dalam dua seksi, yaitu Seksi I sepanjang 13,5 km dari Manado-Airmadidi yang menjadi tanggung jawab pemerintah dalam proses pembangunannya dan seksi II sepanjang 25,5 km yang rencananya akan dilepas ke pihak swasta dalam proses pembangunannya.

Proyek ini dikerjakan dengan skema SBOT (Supported Build Operate Transfer) dengan masa konsesi 40 tahun, di mana Pemerintah menyediakan bantuan berupa dukungan konstruksi untuk seksi I sepanjang 13,5 km untuk membuat Proyek ini layak secara finansial. Pembangunan ruas jalan tol ini kedepannya diharapkan mampu meningkatkan efisiensi waktu tempuh dan mengurangi risiko-risiko kecelakaan untuk wilayah Sulawesi Utara. 

Kembali