icon mobile
Home / Proyek / Proyek Terkini

Jalan Tol Batang - Semarang

Tanggal : 09 June 2016


Proyek Jalan Tol Batang-Semarang sejauh 75 kilometer menelan nilai investasi sebesar Rp 11 Triliun merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Informasi Proyek

   Lokasi

   Batang Semarang

   Nilai proyek

   Rp. 11,046 Miliar

   Penanggung Jawab Proyek

   Kementerian PUPR

 

 Proyek Tol Batang-Semarang adalah proyek dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan merupakan proyek tol pertama yang diberikan penjaminan oleh pemerintah melalui PT PII serta merupakan salah satu Proyek Infrastruktur Strategis Nasional yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 3 Tahun 2016. Dapat ditambahkan berdasarkan Peraturan Presiden nomor 38 tahun 2015, terdapat 19 sektor infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial yang dapat dikerjasamakan dan dapat diberikan penjaminan, salah satunya adalah sektor jalan seperti proyek Jalan Tol Batang – Semarang ini.

Penandatanganan proyek ini dilaksanakan di Kantor Kementerian Keuangan pada tanggal  27 April 2016. Pada acara ini dilakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol untuk Proyek Tol Batang - Semarang antara Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dengan Badan Usaha Pelaksana PT Jasamarga Semarang Batang.

Pada saat yang bersamaan, dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Penjaminan antara PT Jasamarga Batang Semarang dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII serta Perjanjian Regres antara PT PII dengan Kementerian PUPR. Seluruh rangkaian acara Penandatangan disaksikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri BUMN.

Kembali