icon mobile
Home / Proyek / Proyek Terkini

Proyek Palapa Ring Paket Barat

Tanggal : 01 April 2016


Proyek Palapa Ring merupakan salah satu proyek pengembangan jaringan backbone dirancang dan dilaksananakan dengan menggunakan Sistem Komunikasi Kabel Laut dan Sistem Komunikasi Serat Optik ke 57 kota/kabupaten yang belum terlayani. Proyek ini adalah proyek Infrastruktur Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 3 Tahun 2013, yang juga dikategorikan sebagai Proyek Prioritas Nasional. Proyek Palapa Ring dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan dukungan penjaminan oleh PT PII. Proses pengadaan Badan Usaha dibagi menjadi tiga paket yaitu, Paket Barat, Paket Tengah dan Paket Timur dengan estimasi jangkauan wilayah sepanjang 8.479 km. Proyek ini ditargetkan mampu mendistribusikan jaringan broadband dengan kecepatan 10Mbps di daerah pedesaan dan 20 MBps di daerah perkotaan.

Informasi Proyek

Lokasi :  Kota-kota di Wilayah Barat Indonesia
Nilai Proyek :  Rp. 1,229 Miliar
Masa Konsesi :  9 years
PJPK :  Ministry of Communication and Informatics
Badan Usaha :  PT Palapa Ring Barat

 

Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan dukungan Penjaminan Pemerintah melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII. Proses pengadaan Badan Usaha dibagi menjadi tiga paket yaitu, Paket Barat, Paket Tengah dan Paket Timur dengan estimasi jangkauan wilayah sepanjang 8.479 km. Proyek ini ditargetkan mampu mendistribusikan jaringan broadband dengan kecepatan 10Mbps di daerah pedesaan dan 20MBps di daerah perkotaan.

Proyek tersebut menjadi pelopor proyek di sektor telekomunikasi yang memakai fasilitas Availability Payment (AP) yang ditawarkan oleh pemerintah dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Berdasarkan skema AP, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi mulai membayar kepada pemenang tender saat proyek sudah beroperasi.

Lebih lanjut, penandatanganan proyek Palapa Ring Paket Barat dilaksanakan di Kantor Kementerian Keuangan pada tanggal 29 Februari 2016. Perjanjian yang ditandatangani adalah Perjanjian Penjaminan antara PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII dengan PT Palapa Ring Barat selaku Badan Usaha Pelaksana. Di saat bersamaan dilakukan penandatanganan Perjanjian Regres antara PT PII dengan Kominfo.

Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 38 tahun 2015, terdapat 19 sektor infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial yang dapat dikerjasamakan dan dapat diberikan penjaminan, salah satunya adalah sektor telekomunikasi seperti proyek palapa ring ini. Proyek ini juga merupakan salah satu Proyek Infrastruktur Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 3 Tahun 2016, yang dikategorikan sebagai Proyek Prioritas Nasional.

Setelah penandatanganan perjanjian proyek Palapa Ring Barat pada bulan Februari lalu, pada tanggal 25 Juli 2016 bertempat di Plaza Mandiri, telah dilaksanakan penandatanganan Financial Close Proyek Palapa Ring Barat. Lebih lanjut dalam proyek ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyalurkan kredit senilai Rp 875 miliar kepada PT Palapa Ring Barat selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP).

Kembali