icon mobile
Home / Pengadaan / Info Pengadaan

Pengadaan Jasa Konsultan Lingkungan, Sosial & Pengadaan Tanah

Tanggal : 13 December 2016 - 10 January 2017
Status : Tutup

PENGUMUMAN SELEKSI UMUM

Konsultan Lingkungan, Sosial dan Pengadaan Tanah PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (persero)

No.:    /PBJ/12/2016

PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) adalah BUMN yang sedang tumbuh dengan bisnis utama memberikan penjaminan terhadap Proyek-proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di bidang infrastruktur.

PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) bersama ini mengundang Konsultan yang berpengalaman dalam bidang Lingkungan, Sosial dan Pengadaan Tanah untuk mengikuti proses seleksi umum dengan persyaratan sebagai berikut:

I. Kualifikasi calon peserta:

  1. Perusahaan berbadan hukum, memiliki legalitas perusahaan
  2. Memiliki pengalaman selama 5 tahun terakhir di jasa konsultansi bidang Lingkungan, Sosial dan Pengadaan Tanah;
  3. Memiliki tenaga ahli professional yang memadai dan berpengalaman dibidangnya;
  4. Telah melunasi pajak 3 (tiga) bulan terakhir;
  5. Lulus prakualifikasi

II.  Lingkup pekerjaan meliputi, namun tidak terbatas pada:

  1. Konsultan akan menyediakan tenaga ahli, asisten tenaga ahli maupun tenaga pendukung yang memenuhi kualifikasi dan memiliki sertifikat, sekurang-kurangnya sertifikat terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), serta bertanggungjawab sesuai dengan deskripsi penugasan dari pemberi tugas.
  2. Konsultan akan menyiapkan tenaga ahli yang memiliki pengalaman Internasional dan mengerti tentang prosedur dan peraturan-peraturan yang dipakai oleh lembaga-lembaga Multi Donor seperti World Bank, ADB, IFC, JICA, dan lain-lainnya
  3. Konsultan akan melakukan studi lingkungan, sosial dan pengadaan tanah awal untuk mengidentifikasi lokasi proyek apakah telah sesuai dengan Operational Manual (OM) dan Environmental and Social Management Framework (ESMF) PT. PII, dan juga standar peraturan lainnya baik secara Nasional dan Internasional
  4. Studi desktop untuk mengidentifikasi  lokasi untuk masing-masing proyek secara optimal terkait dengan isu lingkungan, sosial, dan pengadaan tanah dengan mengikuti standar sebagai berikut:
    1. Undang-Undang dan Peraturan Republik Indonesia
    2. World Bank Safeguard Policies, yaitu; Environmental Assessment (OP/BP 4.01), Natural Habitats (OP/BP 4.04), Pest Management (OP 4.09), Physical Cultural Resources (OP 4.11), Involuntary Resettlement (OP/BP 4.12), Indigenous People (OP 4.10), Safety of Dams (OP/BP 4.37), dan
    3. Standar Internasional tentang Labor and Occupational Health and Safety
  5. Melakukan kunjungan ke lokasi masing-masing proyek jika diperlukan, untuk memastikan hasil analisa sesuai dengan kondisi di lapangan, untuk membatasi dampak negatif yang akan muncul terhadap lingkungan, sosial dan aktifitas pengadaan tanah.
  6. Konsultan melakukan identifikasi risiko dampak lingkungan dan sosial, dan pengadaan tanah dari rencana proyek berdasarkan dokumentasi proyek, data sekunder, dan hasil observasi di lapangan
  7. Konsultan melakukan analisis kapasitas organisasi dalam melakukan pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan yang berpotensi muncul dari proyek
  8. Konsultan harus mengikuti prosedur Safeguards sesuai dengan yang ada di dalam ESMF dan OM PT. PII, termasuk template/form yang telah disiapkan di dalam OM.
  9. Melakukan analisa terhadap dokumen lingkungan yang dikirimkan oleh PJPK terkait isu lingkungan hidup, seperti; IEE, KAK-AMDAL, AMDAL, RKL dan RPL, serta memberikan tanggapan dan masukan kepada pihak PT. PII sebelum diteruskan ke PJPK.
  10. Konsultan akan menyediakan seluruh peralatan yang diperlukan sesuai lingkup penugasan beserta peralatan pendukungnya.
  11. Konsultan akan memberikan rekomendasi berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi di lapangan dan hasil analisis laboratorium, terkait isu lingkungan, sosial dan pengadaan tanah dari masing-masing proyek.

Bagi peserta yang berminat dapat mendaftar melalui e-mail ke: pengadaan@iigf.co.id dengan   menginformasikan nama lengkap, Jabatan dan alamat lengkap perusahaan. Surat Pernyataan Minat, Formulir Kualifikasi dan Pakta Integritas dapat diunduh pada: www.iigf.co.id/procurement/info

Pemasukan dokumen kualifikasi ditutup pada tanggal 10 Januari 2017, jam 17.00 WIB.

Jakarta, 14 Desember 2016
Panitia Pengadaan

UNDUH
Kembali