icon mobile
Home / Berita & Publikasi / Siaran Pers

Penandatanganan MOU antara PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan Universitas Lampung

18 October 2013


Pada 18 Oktober 2013, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Lampung (Unila) untuk merintis kerjasama dalam hal peningkatan kapasitas pemangku kepentingan yang mencakup aspek lingkungan, sosial dan pengembangan komunitas.

Penandatangan MoU dilakukan di Kampus Unila, Bandar Lampung dengan masing-masing diwakili oleh Sinthya Roesly, selaku Direktur Utama PT PII dan Prof. DR. Sugeng P. Harianto, M.S selaku Rektor Unila serta disaksikan oleh perwakilan manajemen PT PII dan Unila.

Melalui program kemitraan dengan Unila, PT PII berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam hal peningkatan kapasitas dan taraf hidup masyarakat secara lebih luas di Bandar Lampung dan sekitarnya. PT PII memandang Unila sebagai universitas terbesar di Lampung sekaligus sebagai mitra yang strategis dan memiliki kapasitas serta pengetahuan yang mendalam mengenai daerah dan masyarakat Lampung. “Kerjasama ini merupakan wujud komitmen PT PII untuk memberikan manfaat sebesar mungkin kepada masyarakat di sekitar proyek yang dijamin oleh PT PII. Kerjasama dengan Unila ini merupakan program kemitraan pertama yang digagas oleh PT PII dan rencananya akan diikuti oleh beberapa universitas lainnya di Indonesia,” ujar Sinthya Roesly.

PT PII merupakan BUMN dibawah Kementerian Keuangan yang memiliki tugas untuk menyediakan penjaminan proyek infrastruktur dengan skema Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) terhadap risiko berinvestasi di bidang infrastruktur, seperti keterlambatan pengurusan perijinan, lisensi, perubahan peraturan perundangan-undangan, ketiadaan penyesuaian tarif, kegagalan pengintegrasian jaringan/fasilitas, dan lain-lain. Seperti diketahui, risiko-risiko tersebut di Indonesia dirasakan masih cukup tinggi sehingga diperlukan penjaminan yang baik untuk mendorong keikutsertaan pihak swasta yang lebih luas dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia khususnya melalui skema Kerjasama Pemerintah Swasta/KPS. Pendirian PT PII merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui skema KPS.

Saat ini, PII sedang menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung dan PDAM Lampung dalam proyek pengembangan infrastruktur penyediaan air bersih. Kehadiran PT PII diharapkan dapat menarik minat sektor swasta untuk dapat berpartisipasi dalam proyek tersebut.

Kembali