icon mobile
Home / Berita & Publikasi / Siaran Pers

Siaran Pers

  • PT PII Beri Penjaminan pada Proyek Satelit Multifungsi Republik Indonesia untuk Koneksi Wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar Indonesia

    03 May 2019

    PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII – yang merupakan salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI – pada hari ini melaksanakan penandatanganan Perjanjian Penjaminan dengan PT Satelit Nusantara Tiga sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) dan Perjanjian Regres proyek KPBU Satelit Multifungsi Republik Indonesia (SATRIA) dengan Menteri Komunikasi dan Informatika RI sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK). SATRIA merupakan proyek KPBU keempat di sektor telekomunikasi yang diberikan penjaminan pemerintah melalui PT PII setelah Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur.

  • PT PII dan 31 Universitas Gelar Infrastructure Summit 2019 untuk Percepatan Infrastruktur Daerah

    26 April 2019

    Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati memberikan keynote speech pada acara Infrastructure Summit 2019 yang mengangkat temaEmpowering University for Continuous PPP Infrastructure Development in Regional Government”. Sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII bersama Universitas Padjajaran selaku tuan rumah sekaligus Ketua University Network for Indonesia Infrastructure Development (UNIID) mengadakan kegiatan ini untuk mempertemukan universitasā€universitas terkemuka di Indonesia agar dapat saling berdiskusi serta membahas berbagai ide dan masukan terhadap pengembangan infrastruktur baik nasional maupun regional, utamanya melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usana (KPBU).

  • PT PII Berikan Penjaminan pada Proyek KPBU Kereta Api Makassar - parepare

    05 April 2019

    Proyek KPBU Kereta Api Makassar – Parepare merupakan proyek KPBU pertama  sektor transportasi di lingkup Kementerian Perhubungan RI

     

    Jakarta, 5 April 2019 –  Proyek pertama berskema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di sektor transportasi perkeretaapian – pada hari ini resmi ditandatangani. Bertempat di kantor Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, dan disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres untuk proyek Penyelenggaraan Prasarana Perkeretaapian Umum Makassar – Parepare dengan skema KPBU.

  • Kerja Sama dengan ICIEC, PT PII Jajaki Sharia Guarantee

    02 April 2019

    Jakarta, 2 April 2019 – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, pada tanggal 1 April 2019 kemarin, melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (“MoU”) dengan The Islamic Corporation for the Insurance of Investment and Export Credit/ICIEC, anggota grup Islamic Development Bank/IsDB.

  • PT PII Bersama Kementerian Keuangan dan Kominfo Tes Sinyal Proyek Skema KPBU Palapa Ring Tengah

    18 January 2019

    Tahuna - Sangihe, 18 Januari 2019 – Pada Hari ini, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII mengadakan kegiatan Tes Sinyal proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Palapa Ring Tengah Bersama dengan Menteri Keuangan, Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi (Kemendesa), Menteri Kesehatan dan Menteri Perhubungan serta Gubernur Sulawesi Utara.

  • PPP DAY 2019

    15 January 2019

    Jakarta, 15 Januari 2019 – Pada hari ini, bertempat di Singapura, telah dilaksanakan Indonesia Public Private Partnership (PPP) Day 2019. Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan oleh Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian Keuangan yaitu PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)/PT SMI, dan PT Indonesia Infratructure Finance/IIF. PPP Day 2019 ini mengusung tema “Beyond Boundaries: Indonsia as a Global PPP Investment Destination”.

  • Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara PT PII dengan JAMDATUN

    14 January 2019

    Jakarta, 14 Januari 2019 – Pada Hari Ini, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII Bersama dengan  Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (JAMDATUN) Kejaksaan Agung Republik Indonesia telah melaksanakan kesepakatan bersama terkait dengan Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Adapun dalam penandatanganan ini, PT PII diwakili oleh Direktur Utama Armand Hermawan dan JAMDATUN oleh Loeke Larasati.

  • Penandatanganan Perjanjian Penugasan dan Perjanjian Pelaksanaan Fasilitas Proyek KPBU RSUD Zainoel Abidin Aceh

    08 January 2019

    Aceh, 8 Januari 2019 – Pada hari ini, bertempat di Gedung serbaguna sekretariat daerah Aceh, telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Penugasan Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) RSUD Zainoel Abidin antara Dirjen PPR Luky Alfirman dengan Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII Armand Hermawan. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Pelaksanaan Fasilitas Proyek RSUD Zainoel Abidin tersebut antara Direktur Utama PT PII dengan Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT.

  • Investment Opportunity through Public Private partnership in Indonesia : Lenders & Investor Forum

    16 July 2018

    Jakarta, 16 Juli 2018 – Pada hari ini, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai satu-satunya Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) pelaksana single window policy penyediaan penjaminan pemerintah, hari ini menggelar “Investment Opportunity through Public Private partnership in Indonesia” Bankers & Investor Forum. Adapun forum ini berisi pemaparan mengenai KPBU, Proses Pelaksanaan KPBU, Project List yang sedang dijalankan oleh PT PII serta pemaparan mengenai proyek-proyek yang akan dilelang.

  • Market Confirmation Proyek Jalur Lintas Timur Sumatera Selatan

    02 July 2018

    Jakarta, 2 Juli 2018 – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan sebanyak 15 Perusahaan menyatakan berminat menggarap proyek preservasi Jalan Lintas Timur Sumatera dan Jalan Nasional Riau senilai Rp2,85 triliun. Proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Availability Payment inipun optimis dilaksanakan sesuai target yakni Maret 2019.

  • Buka Puasa Bersama Media dan Media Briefing Semester 1 tahun 2018

    05 June 2018

    Jakarta, 5 Juni 2018 - Pada hari ini PT PII bersama dengan para Wartawan Infrastruktur, Bisnis dan Ekonomi melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama dan dilanjutkan dengan Media Briefing Semester 1 tahun 2018. Tujuan dari kegiatan ini selain untuk media relations juga untuk dapat memperkenalkan Memperkenalkan Logo, Visi & Misi PT PII kepada Media karena PT PII telah diberikan mandate baru selain Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI), yaitu Fasilitas Project Development Fund.

  • Penandatanganan Perjanjian Penugasan dan Perjanjian Pelaksanaan Fasilitas Proyek KPBU Jalan Lintas Timur Sumatera

    21 May 2018

    Jakarta, 21 Mei 2018 – Pada hari ini, bertempat di Gedung Direktorat Jenderal Pengelolaan dan Pembiayaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Penugasan Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jalan Lintas Timur untuk Sumatera dan Riau antara Dirjen PPR dengan Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Pelaksanaan Fasilitas Proyek KPBU Jalan Lintas Timur Sumatera tersebut antara Direktur Utama PT PII dengan Direktur Jenderal Bina Marga.

  • PT PII Melaksanakan Media Gathering 2018

    20 April 2018

    Pada 19 – 20 April 2018, PT PII telah melaksanakan kegiatan Media Gathering Bersama dengan rekan – rekan media baik lokal maupun nasional di Mercure Ancol Jakarta. Adapun tujuan dari acara ini adalah sebagai sarana efektif bagi perusahaan untuk semakin mendekatkan dan menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan media dan juga untuk memberikan informasi terkait dengan update terbaru dari perusahaan seperti proses bisnis dan update project.

  • Media Briefing April 2018

    19 April 2018

    Jakarta, 19 April 2018 - pada hari ini PT PII telah melaksanakan media briefing April 2018 yang bersamaan dengan dilakukannya acara Media Gathering bersama wartawan Infrastruktur, Bisnis dan Ekonomi baik Lokal maupun Nasional. Media briefing bulan ini bertujuan untuk terus memberikan update terbaru terkait dengan proses bisnis PT PII dan juga Pencapaian PT PII selama Q1 2018 serta untuk terus membangun relasi dengan media secara berkesinambungan.

  • Bakti PT PII untuk Pendidikan di Indonesia

    17 April 2018

    Jakarta, 17 April 2018 – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai satu-satunya Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) pelaksana single window policy penyediaan penjaminan pemerintah, hari ini melaksanakan peresmian Program Corporate Social Responsibility  (CSR) ‘Perpustakaan Anak’ di SDN Panosogan Kabupaten Serang, Banten. Acara peresmian ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang serta Kepala Sekolah SD Negeri Panosogan 1.

  • Kunjungan Kerja Pengoperasian Palapa Ring Barat

    15 March 2018

    Natuna, 15 Maret 2018 - Rampungnya proyek Palapa Ring Barat yang merupakan proyek pertama yang pembiayaannya menggunakan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) diharap dapat mendorong swasta untuk dapat berinvestasi di sektor infrastruktur.

  • PT PII Berikan Penjaminan Proyek KPBU SPAM Bandar Lampung

    14 February 2018

    Bandar Lampung, 14 Februari 2018 – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) / PT PII pada hari ini melaksanakan penandatanganan penjaminan proyek yang pertama di tahun 2018, yaitu untuk proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandar Lampung . Proyek SPAM Bandar Lampung ini merupakan proyek berskema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara PDAM Way Rilau Kota Bandar Lampung selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) dengan PT Adhya Tirta Lampung selaku Badan Usaha Pelaksana.

     

  • IIGF National Infrastructure Conference 2017

    14 December 2017

    Jakarta, 14 Desember 2017 – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai satu-satunya Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) pelaksana single window policy penyediaan penjaminan pemerintah, hari ini menggelar acara IIGF National Infrastructure Conference (NIC) 2017 yang merupakan agenda tahunan PT PII dalam rangka mengangkat isu-isu strategis seputar sektor keuangan dan infrastruktur. Tahun ini merupakan pelaksanaan IIGF NIC yang ke-tiga, dimana pada dua tahun sebelumnya kegiatan ini bernama Seminar Nasional Infrastruktur.

    Adapun beberapa Menteri yang hadir dalam acara ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Telekomunikasi dan Informatika, dan Menteri Keuangan yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan.

  • Direksi Baru PT PII (Persero)

    28 November 2017

    Jakarta, 28 November 2017 – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani resmi menunjuk Armand Hermawan sebagai Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). Hal tersebut tercantum pada Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Republik Indonesia Nomor 885/KMK.06/2017 tentang Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 27 November 2017.

     

  • PT PII Setorkan Dividen Perdana Tahun 2017

    16 June 2017

    PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai satu-satunya Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) pelaksana single window policy penyediaan penjaminan pemerintah telah melakukan pembayaran dividen sesuai amanat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2016 pada 16 Juni 2017 lalu.

     

     

  • FINANCIAL CLOSE PROYEK PALAPA RING PAKET TIMUR

    29 March 2017

    Bertempat di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, telah dilaksanakan penandatanganan pencapaian Financial Close proyek Palapa Ring Paket Timur yang merupakan rangkaian proyek Palapa Ring terakhir. Financial Close atas Proyek Palapa Ring Timur kali ini melengkapi Proyek Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah yang sebelumnya telah dicapai pada bulan Juli dan September tahun yang lalu.

  • Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Proyek KPBU 4 Ruas Jalan Tol

    22 February 2017

    Penandatanganan Perjanjian Penjaminan untuk empat proyek jalan tol berskema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) yaitu Cisumdawu, Serang – Panimbang, Jakarta - Cikampek II Elevated dan Krian – Legundi – Bunder - Manyar, yaitu Perjanjian Penjaminan Pemerintah antara Kementerian Keuangan dan Badan Usaha Jalan Tol serta Perjanjian Penjaminan antara PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (PT PII) dengan Badan Usaha Jalan Tol. Hal tersebut dilanjutkan dengan Perjanjian Regres untuk keempat ruas tol antara PT PII dengan Kementerian PUPR dan juga Nota Kesepahaman antara Menteri Keuangan dengan Menteri PUPR terkait penjaminan dalam proyek KPBU jalan tol.

  • Pemerintah Daerah Jawa Timur membuat Terobosan Baru dalam Pembiayaan Infrastruktur

    30 December 2016

    Setelah penandatanganan Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres pada 21 Juli 2016, akhirnya pada hari ini, bertempat di Kementerian Perekonomian telah dilaksanakan penandatanganan Financial Close proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan yang merupakan proyek air dan proyek daerah pertama dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang telah diberikan penjaminan pemerintah melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII.

  • PT PII Mendukung Percepatan Penyediaan Infrastruktur Nasional

    22 December 2016

    PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai satu-satunya Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) pelaksana single window policy penyediaan penjaminan pemerintah, hari ini menggelar Seminar Nasional Infrastruktur 2016 dengan mengusung tema “Mendukung Percepatan Penyediaan Infrastruktur Nasional melalui Penjaminan Infrastruktur”

     

  • Tahun Kesuksesan PT PII (Persero)

    19 December 2016

    PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai satu-satunya Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) pelaksana single window policy penyediaan penjaminan pemerintah, hari ini menggelar temu media yang bertujuan untuk memberikan informasi untuk penutup akhir tahun 2016 terkait pencapaian PT PII yang telah memberikan penjaminan 9 proyek infrastruktur skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan juga informasi terkait Seminar Nasional Infrastruktur 2016 ke-3 yang diadakan oleh PT PII.