icon mobile
Home / Berita & Publikasi / Liputan Media

PT PII dan Universitas Trilogi Gelar Pengajaran Jarak Jauh

01 May 2019


PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII  sebagai salah satu Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan RI  bekerja sama dengan Universitas Trilogi, Selasa (30/4/2019). Kedua belah pihak menggelar kegiatan Edukasi Jarak Jauh (Tele-teaching) kepada 90 guru SD di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau dan Timika, Papua.

Edukasi jarak jauh itu  disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhajir Effendy. Pengajaran jarak jauh dengan memanfaatkan internet cepat yang terhubung melalui jaringan serat fiber, sambungan video dari Timika, Natuna dan Jakarta sangat lancar. Pemanfaatan infrastruktur ini diharapkan bisa mengakselerasi pemerataan kualitas pendidikan di tanah air.

Sementara itu, Menkominfo RI Rudiantara dalam sambutannya yang ditayangkan secara live dari Timika, mengatakan, proyek Palapa Ring hadir untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Yaitu dalam ketersediaan jaringan internet yang ke depannya akan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

"Pemanfaatan jaringan Palapa Ring yang dikembangkan oleh Kemenkominfo  ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat luas. Termasuk salah satunya untuk penunjang dunia pendidikan jarak jauh," ujarnya, Selasa (30/4/2019).

Lebih lanjut Rudiantara mengatakan, dengan ketersediaan jaringan internet yang mengoneksi satu wilayah dengan wilayah lain, dapat turut mendukung program pendidikan nasional.

"Dimana program pengajaran maupun pendidikan untuk guru dan murid dapat dilaksanakan tanpa tatap muka namun melalui koneksi jaringan," jelas Rudiantara di SDN Pomako, Timika.

Sementara itu,  Mendikbud RI Muhajir Effendy menyampaikan apresiasinya atas inisiatif PT PII dan Universitas Trilogi atas kegiatan Teleteaching tersebut. Dia juga  menyampaikan terima kasih kepada Menkominfo RI atas tersedianya infrastruktur Palapa Ring.

"Sebab hal itu  membantu pendidik dan siswa mengakses informasi secara cepat untuk kebutuhan belajar mengajar. Harapan kami kegiatan teleteaching ini menjadi suatu awal dan percontohan bagi institusi pendidikan lain untuk dapat juga menggunakan teknologi Palapa Ring untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik dan pengajar di semua wilayah di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, acara Tele-teaching ini diadakan secara langsung di tiga tempat yaitu di Kota Jakarta dan Natuna (Pemanfaatan Proyek Palapa Ring Barat) serta Timika (Pemanfaatan Proyek Palapa Ring Timur). Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat, dalam kegiatan Tele-Teaching ini, para dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Trilogi memberikan pengajaran singkat kepada guru-guru pengajar Sekolah Dasar (SD) di Natuna dan Timika mengenai Pembekalan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas.

Sementara itu, Direktur Utama PT PII Armand Hermawan mengatakan, Tele-teaching ini diharapkan dapat menunjukan kepada masyarakat salah satu bentuk nyata dari manfaat skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk Pendidikan di Indonesia. Hal ini juga tidak terlepas dari dukungan Kementerian Keuangan dan komitmen dari Kementerian Kominfo selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) sehingga proyek Palapa Ring Barat dan Timur dapat dirasakan manfaatnya kepada masyarakat.

“Sesuai misi PT PII untuk mendukung pembangunan infrastruktur Negeri khususnya di titik-titik terluar, terpencil dan terdepan di Indonesia, maka kami berharap kiranya kehadiran sambungan internet yang tersedia di Kepulauan Natuna dan Timika ini dapat memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat.  Terutama untuk pendidikan melalui kegiatan Tele-teaching” jelas Armand.

 Pada 3 proyek Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur tersebut, PT PII memberikan penjaminan kepada proyek untuk memberikan rasa aman bagi investor Palapa Ring dan meningkatkan kelayakan proyek dimata perbankan yang membiayai.

Sementara itu,  Rektor Universitas Trilogi Dr. Sahnaz Ubud berharap kegiatan yang sangat baik ini akan terus berjalan setelah acara ini selesai. Karena keberlanjutan dari program ini akan memberikan banyak manfaat baik untuk Dosen, Guru, maupun mahasiswa dan para siswa.

"Ini menjadi program percontohan bagi Pendidikan di Indonesia dan secara umum dengan Palapa Ring ini diharapkan juga terjadi pemerataan dalam bidang Pendidikan," pungkasnya.

 

Sumber

 

Kembali