icon mobile
Home / Berita & Publikasi / Liputan Media

Penandatanganan Proyek Tol Semarang - Demak

23 September 2019


Jakarta, 23 September 2019 –  PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sebagai salah satu SMV di bawah Kementerian Keuangan RI pada hari ini menandatangani Perjanjian Penjaminan untuk proyek skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Tol Semarang – Demak.

Pada waktu yang bersamaan juga ditandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol atas Proyek Jalan Tol Semarang – Demak yang terintegrasi dengan Tanggul Laut dengan disaksikan oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono, di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta. Hal ini merupakan wujud nyata dukungan Kementerian Keuangan dan PT PII dalam upaya percepatan pembangunan inftastruktur dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

 

Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Ruas Semarang – Demak dilakukan antara Kepala BPJT Danang S. Parikesit dengan Direktur Utama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang – Demak (PPSD) Handoko Yudianto, yang terpilih melalui proses tender sebagai Badan Usaha Pelaksana dalam proyek dengan skema KPBU ini.

 

Selanjutnya, Perjanjian Penjaminan ditandatangani oleh Plt. Direktur Utama PT PII Muhammad Wahid Sutopo dan Direktur Utama PT PPSD Handoko Yudianto, serta Perjanjian Regres dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono dengan Plt. Direktur Utama PT PII. Dengan ditandatanganinya proyek ini, maka PT PII telah memberikan penjaminan Pemerintah untuk 11 proyek KPBU sektor Jalan Tol dengan total nilai proyek sebesar Rp 118 triliun.

 

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menyampaikan dukungan serta apresiasi kepada Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono atas komitmen untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui skema pembiayaan alternatif yang tidak membebani APBN melalui skema KPBU untuk infrastruktur jalan tol dan infrastruktur pekerjaan umum lainnya.

 

Jalan tol Semarang – Demak merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan panjang total 27 km. Terintegrasi dengan Tanggul Laut yang berlokasi di Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, cakupan proyek Tol Semarang – Demak yang ditandatangani ini meliputi pembangunan/konstruksi sepanjang 16.3 km (dari total 27 km) dan pengoperasian (secara keseluruhan 27 km) oleh BUJT. Tol ini akan menjadi jalan tol multifungsi pertama karena akan terpadu dengan pembangunan tanggul laut untuk mengatasi masalah banjir rob yang kerap melanda wilayah Semarang.

 

Dengan dukungan dari Kementerian Keuangan RI dan Kementerian PUPR, hingga saat ini PT PII telah memberikan penjaminan pada 11 proyek tol berskema KPBU. Dengan total 21 proyek infrastruktur dengan skema KPBU telah dijamin oleh PT PII menunjukan bahwa skema KPBU ini telah berhasil diterima oleh masyarakat maupun investor.

 

KPBU menjadi solusi untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, untuk membangun dengan lebih cepat. Perbaikan infrastruktur secara nyata berdampak pada peningkatan konektivitas yang lebih baik, dan proyek ini merupakan suatu karya bersama dalam mengatasi kebutuhan infrastruktur untuk mendorong perubahan. Implementasi KPBU, termasuk di dalamnya penjaminan Pemerintah melalui PT PII, dapat meningkatkan kredibilitas Indonesia di mata dunia, karena menggambarkan kemampuan Indonesia menjadi negara yang investor-friendly, sehingga ke depannya dapat menarik investasi khususnya di bidang infrastruktur, yang tidak hanya menguntungkan para investor, tapi juga Indonesia dan seluruh rakyatnya.

Kembali