icon mobile
Home / Berita & Publikasi / Liputan Media

Media Briefing Menuju NIC 2017

11 December 2017


Jakarta, 11 Desember 2017 – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai satu-satunya Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) pelaksana single window policy penyediaan penjaminan pemerintah, hari ini menggelar temu media yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait IIGF National Infrastructure Conference (NIC) 2017 yang merupakan agenda tahunan PT PII dalam rangka mengangkat isu-isu strategis seputar sektor keuangan dan infrastruktur.

Tahun ini merupakan pelaksanaan IIGF NIC yang ke-tiga, dimana pada dua tahun sebelumnya kegiatan ini bernama Seminar Nasional Infrastruktur. “IIGF NIC 2017 diselenggarakan sebagai salah satu perayaan hari jadi PT PII yang ke-delapan. Dalam konferensi ini nantinya akan diangkat dua topik strategis melalui panel diskusi, yaitu Peranan Strategis Penjaminan dalam Keberlangsungan Proyek Infrastruktur dan Investasi Potensial dalam Proyek Infrastruktur Negeri”, Jelas Direktur Utama PT PII, Armand Hermawan.

 

Armand mengatakan bahwa melalui IIGF NIC 2017 ini, diharapkan dapat terbuka peluang-peluang baru dalam investasi maupun pembiayaan dalam proyek infrastruktur Nasional.

 

Hingga bulan Desember 2017, PT PII telah memberikan penjaminan penjaminan atas 13 proyek infrastruktur dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), yaitu PLTU Batang, 8 Proyek Jalan Tol (Batang-Semarang, Balikpapan-Samarinda, Pandaan-Malang dan Manado-Bitung, Jakarta – Cikampek II Elevated, Krian- Legundi – Bunder – Manyar, Cileunyi – Sumedang – Dawuan dan Serang-Panimbang), SPAM Umbulan dan seluruh paket Proyek Palapa Ring yaitu Barat, Tengah dan Timur dengan total nilai investasi sekitar Rp 119 triliun.

Pada IIGF NIC 2017 juga akan ada penandatanganan perjanjian penjaminan dan perjanjian regres 2 Proyek Ruas Jalan Tol yaitu Probolinggo – Banyuwangi dan Jakarta – Cikampek II Sisi Selatan. Sehingga total proyek infrastruktur yang telah diberikan penjaminan adalah 15 proyek.

 

Sebagai informasi, sampai tahun 2017 ini,  PT PII telah mendapatkan penghargaan sebagai pemenang  kategori Risk Initiative pada ASEAN Risk Award  yang diikuti oleh 23 perusahaan dan organisasi dari seluruh Asia Tenggara. Sebelumnya pada tahun 2016 di ajang yang sama, PT PII mendapatkan runner up pada kategori Risk Advocate dan pada beberapa waktu lalu Majalah Investor mengumumkan PT PII sebagai ‘BUMN Terbaik’ untuk kategori BUMN Kementerian Keuangan RI.

Kembali