icon mobile
Home / Berita & Publikasi / Liputan Media

Kenaikan Rating Utang Indonesia oleh Fitch Rating

03 January 2018


Kenaikan Rating Utang Indonesia oleh Fitch Rating dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Infrastruktur

Pada bulan Desember 2017 lalu, Fitch Rating Agency mengumumkan kenaikan rating Republik Indonesia menjadi  1 notch diatas investment grade (menjadi ‘BBB’).

 

Kenaikan ini tentu saja memberi nilai yang sangat tinggi bagi Indonesia, dimana salah satunya akan terbuka peluang yang besar bagi pembagunan infrastruktur yang berkelanjutan di Indonesia melalui partisipasi peran swasta, utamanya melalui skema Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Dengan meningkatnya rating Republik Indonesia ini, maka risiko berinvestasi di Indonesia akan dianggap berkurang;  karenanya premium risk bagi investor akan berkurang. Hal ini mengakibatkan perbankan akan membebankan biaya pinjaman yang lebih rendah (lower cost of fund) yang akhirnya pembangunan infrastruktur dapat dibangun dengan pendanaan yang lebih murah dan nantinya biaya layanan ke masyarakat seperti tarif air, toll dan lainnya akan lebih murah. Hal ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi yang diharapkan APBN 2018.

Terkait situasi ini, PT PII yang merupakan satu-satunya instrumen penjaminan Pemerintah RI untuk proyek skema KPBU, akan lebih dapat  meningkatkan peranannya, dalam memberikan kepercayaan dan kenyamanan yang lebih kepada para calon investor seiring dengan semakin berkurangnya persepsi risiko akibat pemerintah sewaktu swasta berinvestasi

Dengan tingkat kenyamanan dan kepercayaan investor yang lebih tinggi, maka investasi infrastruktur akan semakin banyak, dan pembangunan infrastruktur di Indonesia akan semakin cepat terlaksana dengan baik. 


Jakarta, 2 Januari 2018


ARMAND HERMAWAN

Presiden Direktur

Kembali