icon mobile
Home / Berita & Publikasi / Berita & Acara

PT PII Menandatangani Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres untuk Proyek SPAM Umbulan

21 July 2016


PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) menandatangani Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres untuk proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Jawa Timur pada tanggal 21 Juli 2016 lalu. Proyek senilai Rp 2 triliun ini akan dibangun berdasarkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan.

Acara penandatanganan dilakukan di Graha Sawala, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan disaksikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basoeki Hadimoeljono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, dan Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo. Selain itu, turut hadir pula perwakilan dari Badan Usaha dan Pemprov Jawa Timur.

Proyek SPAM Umbulan dinyatakan sebagai salah satu proyek Strategis Nasional oleh Presiden Joko Widodo sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden No. 3/2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional. Dengan kapasitas 4.000 liter/detik, proyek ini ditargetkan akan  dapat memenuhi kebutuhan air minum untuk masyarakat yang tersebar di 5 kabupaten/kota yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan.

Dari total investasi Rp2,05 triliun, pemerintah membantu dukungan pendanaan atau viagibility gap fund (VGF) sebesar Rp818 miliar. Sisa investasi sekitar Rp1,3 triliun akan ditanggung oleh PT Meta Adhya Tirta Umbulan.

PT PII menandatangani Perjanjian Penjaminan dengan PT Meta Adhya Tirta dan Perjanjian Regres dengan Gubernur Jawa Timur untuk Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.  Proyek ini merupakan proyek air dan proyek daerah pertama yang diberikan penjaminan pemerintah melalui PT PII. Sehingga sampai 2016 PT PII sudah memberikan jaminan kepada 8 proyek infrastruktur.

Kembali