icon mobile
Home / Bisnis / Sekilas Penjaminan / Kapasitas Penjaminan

Kapasitas Penjaminan

Untuk menjamin proyek infrastruktur dengan skema KPS, PT PII memiliki kapasitas penjaminan yang didukung oleh permodalan dari APBN Pemerintah Indonesia. PT PII dapat bekerjasama dengan Pemerintah dan lembaga multilateral untuk memberikan penjaminan bersama dengan skema sebagai berikut:

Kapasitas Keuangan

Pemerintah telah menanamkan modal ke PT PII sebesar Rp4,5 triliun dari APBN. Seiring berjalannya waktu, PT PII secara bertahap akan mengurangi ketergantungan kepada APBN dengan meningkatkan kapasitas penjaminan melalui kerjasama dengan institusi penjaminan lain, lembaga multilateral, dan institusi bilateral sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Presiden No. 78 Tahun 2010.

Kapasitas Manajemen dan Tata Kelola Perusahaan

PT PII telah menempatkan profesional terpilih yang berasal dari berbagai latar belakang ilmu dan profesi untuk mengisi posisi manajemen dan posisiposisi strategis lainnya. Kemampuan manajemen dan tata kelola perusahaan senantiasa ditingkatkan melalui kemitraan dengan organisasi terkait yang kredibel. Salah satu kerja sama yang dilakukan misalnya dengan Bank Dunia dan Singapore Cooperation Enterprise (SCE) dalam mengembangkan struktur tata kelola perusahaan (corporate governance) dan manual operasi (operation manual) berdasarkan praktik kerja yang berlaku secara internasional.