icon mobile
Home / Tata Kelola / Sekilas Tata Kelola

Tata Kelola Perusahaan

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (“Perseroan”) yang merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara, menyadari arti penting implementasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG), mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 88/PMK.06/2015 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik pada Perusahaan Perseroan (Persero) (PMK 88) di bawah Pembinaan dan Pengawasan Menteri Keuangan.

Penerapan GCG dilingkungan Perseroan dipercaya sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan nilai, perkembangan usaha, daya saing, dan pertumbuhan bisnis jangka panjang secara berkesinambungan, tidak hanya bagi Pemegang Saham namun juga segenap Pemangku Kepentingan lainnya, dimana GCG merupakan suatu elemen penting dalam membangun reputasi dan kredibilitas Perseroan.

Melalui penguatan peran dan tanggungjawab Direksi dan Dewan Komisaris beserta organnya, berjalannya kegiatan usaha Perseroan dilakukan dengan penuh amanah, transparan dan akuntabel, serta senantiasa memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Perseroan secara konsisten memaksimalkan nilai Perusahaan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik yaitu Transparansi atau keterbukaan, Kemandirian, Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Kewajaran dan Kesetaraan. Selain itu, seluruh anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Karyawan, dalam menjalankan penerapan GCG di PT PII didasari oleh prinsip kesadaran etis (ethical sensibility), berpikir etis (ethical reasoning), dan berperilaku etis (ethical conduct), yang sejalah dengan visi, misi dan nilai-nilai Perusahaan.

PT PII terus melakukan penyesuaian atas areas of improvement dalam penerapan praktik-praktik GCG, dengan mengacu pada ketentuan yang diatur dalam PMK 88.