icon mobile
Home / Tentang PT PII / Tata Kelola Perusahaan

Tata Kelola Perusahaan

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai Badan Usaha Milik Negara secara konsisten dengan komitmen yang kuat untuk mengelola aktivitas bisnis dan operasional mengacu pada standar praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).

Pelaksanaan praktik GCG tersebut diyakini menjadi elemen penting dalam membangun reputasi dan kredibilitas Perseroan sebagai Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur dimata stakeholdernya. Melalui penguatan peran dan tanggungjawab Direksi dan Dewan Komisaris beserta organnya, peningkatan keterbukaan informasi dan akuntabilitas, penerapan GCG akan mendorong penguatan proses bisnis dan pengambilan keputusan dan sebagai mekanisme check and balance. Sehingga kemudian hal ini akan mampu mendorong kinerja perusahaan dan membentuk kepercayaan antara perusahaan dan segenap stakeholdernya sehingga PT PII dapat beroperasi dan tumbuh secara berkelanjutan dalam jangka panjang.

Penerapan GCG PT PII senantiasa berpedoman kepada prinsip transparansi, independen, akuntabilitas, dan keadilan. PT PII berkomitmen penuh melaksanakan GCG di seluruh tingkatan dan jenjang organisasi dengan berpedoman pada berbagai ketentuan dan persyaratan terkait dengan pelaksanaan GCG oleh Direksi dan Dewan Komisaris. Dewan Komisaris juga telah memiliki organ pendukung yaitu Komite Audit, yang berperan dalam membantu meningkatkan efektivitas pelaksanaan fungsi pengawasan oleh Dewan Komisaris atas pengelolaan Perseroan oleh Direksi.

Dalam implementasi GCG, PT PII telah menerbitkan dokumen-dokumen pendukung GCG yang berpedoman pada Pedoman GCG Indonesia (Indonesia Code of Corporate Governance) tahun 2006 dari Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) dan peraturan perundangan berlaku sebagai berikut:

  1. Pedoman Perilaku (Code of Conduct) sebagai pedoman sikap dan perilaku bagi organ Perseroan dan jajaran PT PII dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari dan berhubungan dengan stakeholder.

  2. Board Manual sebagai acuan yang mengatur mekanisme hubungan kerja antara organ tata kelola Perseroan yaitu Rapat Umum Pemegang Saham(RUPS), Dewan Komisaris, dan Direksi beserta organ pendukungnya.

Klik disini untuk melihat Board Manual dan Code of Conduct dari PT. PII.